Weekly Solving (26/10/2009 – 01/11/2009) 2


SPOJ – JEDNAKOST => Dynamic Programming.

SPOJ – MBIPALIN => Dynamic Programming.

SPOJ – PARTPALI => Dynamic Programming.

SPOJ – MARBLES => Combinatoric, Sieve.

SPOJ – STREDUCE => Dynamic Programming.

SPOJ – SIZECON => Ad Hoc.

Saya ingin memperkenalkan 1 tools bagus utk latihan di SPOJ : http://vnoi.info/index.php?option=com_voj&task=classify&site=spoj. Tool ini akan membantu kita untuk mencari problem di SPOJ berdasarkan category problem tersebut. Makanya kalo diperhatikan soal2 yang saya solve di SPOJ kebanyakan adalah Dynamic Programming. Saya dapat mencari dengan mudah soal2 DP menggunakan tools tersebut :D.

Minggu ini saya banyak berlatih di Sphere Online Judge. Menurut saya OJ ini sangat bagus untuk latihan berpikir, karena soal2 yang ada disini kebanyakan adalah soal2 medium sampai very hard. Selain itu testcase disini sangat bagus, kalo algo kita ngga betul2 bener bakalan dapet Wrong Answer. Contohnya soal STREDUCE itu pake algo mendekati benar (hoki2an) saya bisa AC di TJU Online Judge dan PKU Online Judge. Tapi kalo disini dapet WA, musti rubah jadi algo yg betul2 benar baru bisa AC. Selain itu soal MBIPALIN musti AC sampe “berdarah-darah” pake algo bagus tapi kalo implementasinya jelek bisa kena TLE, hal itu yg saya dapatkan waktu ngerjain MBIPALIN.

Weekly Solving (19/10/2009 – 26/10/2009) 2


SPOJ – DAGCNT2 => DAG, DFS/BFS.

UVA 538 => Greedy.

Sabtu kemaren saya sempet ikutan COCI dan hampir saja full score :p, tapi sayang soal dobra ngebug 😦 dan soal aladin tidak sempat saya submit 😦 .

Score Name note domino dobra mali genijalac aladin
314 Timotius Sakti 30 50 14 100 120 0

note => ad hoc

domino => simple math

dobra => dynamic programming

mali => greedy

genijalac => finding cycle + math

aladin => segment tree

Additional News:

ACM/ICPC Jakarta yang diselenggarakan di BINUS University kemaren sangat seru, team Dongskar Pedongi dari ITB yang dimotori oleh Irvan Jahja (peraih medali emas IOI 2008) hampir saja menjadi juara 1, tapi sayang mereka disalip 2 team lain (1 china, 1 taiwan) pada 1 jam terakhir sehingga mereka harus puas dengan peringkat 3. Sementara itu team tuan rumah Aeon yang diperkuat oleh Eko Wibowo, Eko Mirhard dan Ricky Winata gagal meraih top 5.

Final Ranklist : http://competition.binus.ac.id/icpc2009/result/final.html

Problem Set : http://competition.binus.ac.id/icpc2009/icpc09jak-probs-publish.pdf

Weekly Solving (12/10/2009 – 18/10/2009) 2


Supaya blog ini terus terupdate, mulai sekarang saya memutuskan untuk posting nama problem2 yang saya solve tiap minggu. Siapa tau ada yg tertarik mengikuti jejak saya solve problem2 tersebut :D.

SPOJ – PAINTBLK => DP, Combinatoric.

SPOJ – MUL => Fast Multiply BigInteger, Karatsuba Algorithm.

UVA – 11610 – Reverse Prime => Segment Array, Segment Tree.

TJU – 3446 – Money Matters => DFS/BFS.

TJU – 3445 – Soda Surpler => Ad Hoc, Simple Math.

Additional News:

Tiga hari lagi yaitu Rabu, 21 Oktober 2009 bertempat di BINUS University akan diadakan perlombaan ACM/ICPC tingkat Asia. Ini adalah yang kedua kalinya BINUS menjadi host.

Baru2 ini saya menemukan suatu website yang bagus untuk baca2 artikel tentang algoritma: http://fusharblog.com

Soda SurplerS

Sudah lama ngga update blog 14


Sudah lama sekali saya ngga update blog ini. Sejak oktober 2008 saya sudah ngga maen algoritma lagi. Saya sudah mulai bekerja menjadi Java Programmer. Minggu2 ini saya mengalami masalah yang berat sekali dalam hidup saya. Saya menemukan bahwa saya menderita kelainan obsessive compulsive disorder. Kelainan ini mengakibatkan produktivitas coding dan waktu saya terbuang sia2.