Tentang Saya 16

Nama saya adalah Timotius Sakti, saya lahir di Jakarta pada tanggal 1 Oktober 1986. Sampai saat ini saya masih tinggal di Jakarta dan kuliah di Universitas Bina Nusantara mengambil jurusan Teknik Informatika.

Saya mulai belajar bahasa pemrograman sewaktu saya semester 1. Bahasa pemrograman pertama yang saya pelajari adalah C. Di semester 2 saya mulai tertarik pada problem-solving ketika mempelajari mata kuliah Struktur Data. Di semester ini juga saya pertama kali mulai mengikuti lomba pemrograman yang diadakan oleh BiNus yaitu Bina Nusantara Programming Contest (BNPC-CS) 2005 dan berhasil mendapat peringkat 58.

Saya tidak menyerah walaupun telah gagal di kompetisi pertama saya. Saya terus berlatih meningkatkan ilmu2 coding dan pengetahuan algoritma dengan banyak membaca buku2. Di tahun yang sama pada bulan Oktober HIMTI(himpunan mahasiswa TI di binus) mengadakan HAPC(Himti Algorithm Programming Competition) 2005 dan saya pun juga gagal. Saya terus berlatih dan belajar dengan banyak senior dan teman2. Di tahun ini saya kenal dengan beberapa orang yang membuat saya termotivasi untuk belajar algoritma, yakni:

1. Cun Cun Lim, dia adalah asisten Struktur Data sekaligus trainer Algoritma dan Bahasa Rakitan ketika saya mengikuti training penerimaan asisten (PAB) di binus.

2. Bpk Suhendry Effendy, S.kom, beliau adalah dosen sekaligus pelatih tim pemrograman binus (sampai saat ini).

3. Stephen Kohar, dia adalah trainer Algoritma dan Struktur Data ketika saya mengikuti training penerimaan asisten (PAB) di binus.

4. Bpk Evan Leonardi, S.kom, beliau adalah teman sekaligus pencetus NoMoreAC (akan ada bagian khusus yang membahas NoMoreAC).

5. Ibu Ang Ing Ing, S.kom, beliau adalah pelatih tim pemrograman binus.

Setahun kemudian, saya mengikuti HAPC(Himti Algorithm Programming Competition) 2006 yang diadakan oleh HIMTI dan masih juga gagal (ngga dapet juara apa2 😦 ). Saat itu saya sudah merasa hopeless, rasanya saya ngga berbakat programming. Sebulan kemudian BiNus mengadakan Bina Nusantara Programming Contest 2006, dari sinilah sepertinya titik balik dimana saya mulai kembali semangat untuk menekuni bidang algoritma(sampai saat ini). Sewaktu perlombaan saya menggunakan username “snipedragon” dan berhasil mendapat medali perunggu (peringkat 10). Sebulan kemudian Petra University mengadakan PIC(petra informatic competition) 2006, saya bersama Ryan Leonel Somali berhasil menjadi juara 1.

Ditahun 2006 juga saya berkesempatan untuk bergabung menjadi bagian dari Binus Programming Team. Disini saya berkenalan dengan Felix Halim (dari semester 1 saya sudah ngefans dengan felix ^^ ) dan juga Andrian Kurniady. Pada bulan Oktober saya mengikuti ACM ICPC Asia Regional Contest di Manilla bersama dengan NoMoreAC(saya,Stephen Kohar dan Evan Leonardi), dan kami berhasil mendapat peringkat 7. Ini adalah kompetisi Internasional pertama yang saya ikuti dan juga jalan2 keluar negeri (Filipina dan Hongkong) utk pertama kalinya.

Tahun 2007 saya mengikuti Petra Informatics Competition dan berhasil mendapat juara 2. Sebulan kemudian bersama dengan NoMoreAC (saya,Stephen Kohar dan Surya Sujarwo) mengikuti Indonesia National Contest 2007 dan berhasil mendapat medali emas (peringkat 2).

Pada bulan November 2007 saya berkesempatan lagi untuk mengikut kompetisi Internasional yang diadakan di Taiwan, bersama dengan YoiMon(saya, Andrian Kurniady dan Kenny Hartono) mengikuti ACM-ICPC Asia Regional Contest – Taipei Site dan berhasil mendapatkan peringkat 4. Sebulan kemudian YoiMon mengikuti lagi ACM-ICPC Asia Regional Contest – Singapore Site dan berhasil mendapatkan peringkat 5.

Karena mendapatkan peringkat 4 di Taipei, saya bersama Andrian dan Kenny akan mengikuti “The 32nd ACM International Collegiate Programming Contest World Finals sponsored by IBM” yang akan diadakan pada tanggal 6 – 10 April 2008 di Banff, Alberta (Canada). Di Banff, kami berhasil mendapatkan peringkat 47 dunia 😀 . Dua bulan kemudian, saya membentuk team TSP (Timotius Sakti, Stephen Kohar, Pascal Gerardus Angriawan), kami mengikuti lomba ACM/ICPC Indonesia National Contest 2008 dan berhasil mendapatkan peringkat 2.

– Timotius Sakti

16 comments

  1. yup emang serem.
    Dulu gw sempat berpendapat kalo nih anak sombong, sok jago, gak taunya setelah dia masuk jadi asisten, pandangan gw berubah. Nih anak emang jago dan pantas untuk sok jago, hahaha.

    maju terus timo, tetap jadi orang sakti !!!

  2. Thanks Cun ^_^, pasti bisa kesusul :p, ilmu2 gw kan sebagian berasal dari u. Kalo waktu itu asisten struktur data gw bukan u, mungkin gw ngga akan pernah bisa merasakan pergi lomba ACM ke luar negeri :).

    Terima kasih banyak Cun.

  3. @eiger:
    Thanks 😀 , tahun ini BINUS mengadakan regional contest ICPC di Jakarta pada bulan Oktober, jadinya kalo mau ketemu sama saya ngga perlu tunggu sampe BNPC :p .

  4. Salam kenal, gw ikut ACM ICPC regioanall Jakarta tahun ini, selama ini juga gagal selalu dalam contest beginian, moga2 bisa berkembang spt kk, terus berjuang!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s