Raja Coding Dunia 10


Disini saya ingin menceritakan tentang seseorang yang saya kagumi di bidang kompetisi algoritma dan pemrograman. Orang ini berasal dari Polandia dan sudah banyak memenangkan kompetisi di tingkat Internasional. Siapakah dia ???

Adalah Tomek Czajka seorang programmer muda yang saat ini masih kuliah di Purdue University. Tomek Czajka biasa dipanggil tomek adalah legenda hidup Polandia dan juga panutan programmer dunia. Sampai saat ini tomek masih aktif mengikuti kompetisi algoritma dan pemrograman di topcoder dan menduduki peringkat-2 diantara ribuan programmer yang aktif di topcoder.

Tahun lalu saya pernah membaca sebuah artikel tentang tomek yang berjudul “Does This Guy Ever Lose ?”, dalam artikel tersebut diceritakan bahwa tomek tidak terkalahkan pada tahun 2004.

Ada kata-kata tomek yang sampai sekarang masih saya ingat:

“Generally, I don’t want to make decisions during coding. Coding should be quick and one should concentrate on not making mistakes rather than thinking about the solution.”

Sewaktu mengikuti kompetisi algoritma, saya selalu ingat itu :D…

Ini adalah beberapa prestasi yang didapat oleh tomek:

tomek adalah yang terbaik, yang terbaik yang mungkin tidak akan pernah ada lagi :).

10 comments

  1. Bukannya om Knuth lebih sakti ke arah proofing dan nemu2in algo2 keren mon? Belum tentu bisa melakukannya dalam lomba coding kan? Tapi keren juga kalo suatu saat diajak tanding sama Petr sama Tomek ^_^ jangan2 perbedaan skillnya Knuth sama Petr sama kayak Petr dicompare sama kita2 ini… hehehe….

  2. Wah, masak Petr (anak yang baru belajar algo “beberapa” tahun) dibandingin sama om Knuth (kakek yang membuat komputer dan algoritma menjadi science tersendiri saat ini, alias bokapnya algoritma) πŸ˜€ Tapi kalau urusan coding gw ga tau πŸ˜› soalnya Knuth mainnya MMIX (bukan C/C++/Java). huff.. jadi ngiri sama yang kuliah di Stanford 😦 andaikan gw bisa dapat satu sesi lecture dia…

    “If you think you’re a really good programmer… read (Knuth’s) Art of Computer Programming… You should definitely send me a resume if you can read the whole thing.”, – Bill Gates.

  3. hmm… utk org se”sakti” Knuth sich soal syntax coding itu masalah kecil, kalo dah belajar pasti langsung bisa ngalahin Petr dkk berhubung experience di bidang algonya jauh lebih tinggi.. but personally, i feel that the tomeks are still the best in terms of performance per years of experience.. (applies for both tomek czajka ‘n tomektius sakti.. go for the 2008 ACM/ICPC World Champion Title!!! ^_^)

  4. Hm, terbukti memang dia kan juara TCO 08. ayo bang Timo jgn mau kalah, selesasi urusan ACM, skrg masa2 nya TC. Semoga bang Timo bisa melaju ke TCO seperti ardiankp.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s